Masyarakat lebih suka youtube untuk mencari informasi ! apakah blog akan ditinggalkan ?


Ide untuk menulis ini karena beberapa obrolan kecil dan candaan dengan teman-teman. “mau tahu jawabannya?... buka youtube ! “ itu kalimat yang terlontar sebagai sebuah candaan. Sebagai perkembangan dari “mau tahu ? .. buka google !”. Candaan itu ada bukan tanpa alasan. Karena memang hampir semua informasi ada di youtube. bahkan youtube memperkirakan ada 300 jam konten video yang diupload setiap menitnya.



Potongan image diatas adalah hasil survery dari hubspot, yang mana hasilnya adalah bahwa  video lebih disukai dalam memperoleh informasi. Meski sample survei bukan di Indonesia tapi dapat digunakan karena seperti kita tahu, minat baca kebanyakan orang Indonesia itu masih jauh dibawah sample di atas.

Mengapa orang lebih menyukai Video daripada Teks ?

1.Gen - dari jaman kakek moyang. 

Insting manusia akan bereaksi terhadap sesuatu yang bergerak. Jaman purba dulu insting ini berguna untuk mendapatkan informasi tentang apa yang akan dihadapi. Entah itu bahaya atau apa yang mungkin terjadi. Dan insting ini terus diwariskan dengan tujuan yang sedikit berbeda. karena mata kita otomatis akan tertarik dengan apapun yang bergerak.

2.Lebih mudah dipahami

Memahami sesuatu adalah kerja otak untuk berimajinasi. Kenapa anak-anak menyukai komik, karena mereka dapat bayangan yang jelas tentang tokoh-tokoh dalam sebuah cerita. Bahkan novel kadang diselipi dengan ilustrasi untuk memudahkan pembaca berimajinasi.

3. Kita semua itu Peniru 

Anak TK kita beri kertas lalu kita instruksikan untuk membuat kapal dari tertas itu. pertama kertas dilipat hingga ujungnya ketemu … bla.. bla… apa yang terjadi, anak itu teriak-teriak dan sewot karena tidak paham. Beda kalau dikasih contoh. Sifat peniru ini sudah bawaan juga. kita bisa ngomong ya karena meniru dari orang sekitar kita jaman kita belajar ngomong. Dan kebanyakan orang yang nyari video tentang HOW-TO pasti lebih cepet paham kalau pakai video yang step-by-stepnya detil.

4. Membaca itu melelahkan daripada nonton video

Membaca itu kita kerja secara aktif. Mata kita melakukan scaning huruf dari kira ke kanan. Bahkan saya sendiri membaca artikel di laptop dua menit saja sudah ngantuk. Beda kalau mantengin youtube yang bisa tahan sampai seharian.

5. Internet yang semakin mudah, cepet dan sampai ke pelosok

Tahun 2010 di rumah anda ada internet ? internet pada 2010 hanya diakses di kantor-kantor. Bahkan instansinya pemerintah saja tidak ada akses internet. Saya masih inget ketika itu harus pake broadband modem yang kecepatannya seperti siput. Kayak gitu mau nonton youtube ? muter video 240p durasi 5 menit saja bisa selesai setengah jam.

Apakah blog-blog akan terpinggirkan ?

Ini saya juga butuh jawaban… menurut saya tidak semuanya bisa digantikan dengan youtube. bahkan youtuber-youtuber itu juga mencari informasi dari blog-blog sebagai referensi konten mereka. Jadi orang yang nonton tinggal makan enaknya saja. dengan kata lain, blog atau website masih dibutuhkan dengan pelanggan yang sedikit berbeda.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " Masyarakat lebih suka youtube untuk mencari informasi ! apakah blog akan ditinggalkan ? "

  1. Do you understand there's a 12 word phrase you can tell your crush... that will trigger intense feelings of love and instinctual attractiveness for you deep within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, look after and guard you with his entire heart...

    =====> 12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to work better than ever before to take care of you.

    Matter-of-fact, triggering this all-powerful impulse is absolutely mandatory to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will instantly find him expose his heart and soul for you in such a way he haven't experienced before and he will see you as the one and only woman in the world who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete