4 (empat) kebiasaan buruk blogger pemula


Banyak hal-hal yang tidak perlu dan dilakukan oleh blogger yang baru awal-awal membuat blog, entah itu di blogger atau wordpress. Sebelum kita membuat blog kita kita harus nyari jawaban pertanyaan “untuk apa kita bikin blog ?” karena apa ? kalau pertanyaan itu tidak bisa kita jawab kita hanya akan berkutat pada hal yang tidak perlu ketika membuat blog. Seperti misalnya ?

1. Terlalu banyak mikir pilih Platform

Baca-baca artikel mengenai perbandingan platform blogging. Lebih baik mana antara wordpress dan blogger. Apa keuntungan custom domain ? apa kelebihan dan kekurangan menggunakan wordpress self hosting dan sebagainnya. Yang mana kesimpulan dari semua itu hanya simple, tergantung tema konten kita dan biaya kita.

2. sibuk milih tema atau template

Ini adalah tahap membangun blog yang bisa menghabiskan waktu kita. orang yang pertama membuat blog pasti kepingin blognya tampil menarik dan keren. Dan … meski sudah pakai template dari “PT. Keren Sekali” juga tidak puas juga. akhirnya searching-searching nyari template  dan hasilnya malah tambah bingung.

Kembali lagi ke pertanyaan pertama. “untuk apa kita bikin blog ?”

Kalau kita bisa menjawab kita akan sangat mudah mencari template atau tema. Kalau kita melihat showroom-showroom template semua terlihat bagus-bagus dan menarik. Tapi setelah kita ambil dan terapkan dalam blog kita ?belum tentu akan menjadi menarik bahkan cenderung jelek, kenapa ? karena kita tidak punya hal yang membuat menarik atau salah ambil template.

Desainer template sebenarnya sudah mendesain template sesuai dengan topik yang pas. Semisal tema dengan banyak gambar tampilan grid dan slider dibuat untuk keperluan blog photografi, tema sederhana dengan layout yang simple untuk blog dengan banyak artikel dan sebagainya. Jadi kalau blog isinya tentang cerpen dan novel yang memang tujuannya banyak orang yang baca, ya kita harus cari template yang sesuai. Jangan ambil template untuk blog traveling atau juga fotografi.

Template blog ini dari dulu saya buat sama sekali belum pernah diganti. karena dari awal memang sayahanya punya beberapa sedikit artikel yang kurang cocok kalau saya posting di (putudikoro.web.id). Dan saya ya cari template yang sesimple mungkin. Dan sampai sekarang template ini masih mencukupi dengan kebutuhan blog ini. lain sama yang satunya yang sampai satu minggu saya nyobain template sampai 10 hehe,…

3. Menentukan jenis konten diakhir

Ya,.. bagian penting ini adalah kesalahan besar kalau baru terpikir diakhir. Seperti yang saya katakan tadi. Konten ini adalah intinya blog, mana mungkin ada blog kalau tidak ada inti dari blog itu. yang terjadi adalah kebingungan mau diisi apa blog kita. bikin blog itu karena memang seneng berbagi dan nulis kalau tidak ya Cuma jadi pajangan yang hampa.

4. Bikin blog sekedar ikut-ikutan dan kepingin duit dari blog

Suksesnya para blogger dalam mendapatkan rupiah dari adsense tersebar luas. Dan akhirnya banyak blogger baru yang bermunculan. Tapi bingung mau ngapain dan ikut-ikutan ngisi konten di blognya yang tidak sesuai dengan kemampuan. Misalnya saja ikutan diisi dengan trik-trik coding atau parse html padahal nggak paham ( seperti saya). Selain tetep bakalan kalah sama yang sudah lama dan asli ini juga nggak akan tahan lama. Kita hanya akan bosen dan blog dilupakan begitu saja.

Itulah sebagian pengalaman yang saya rasakan ketika dulu bikin blog. Selain nomer 4 adalah asli pengalaman pribadi. Dan semoga saya tidak ikut-ikutan yang nomer 4 karena memang blank kalau masalah coding hehe..

Jadi, temukan jawaban tentang pertanyaan “ untuk apa kita bikin blog” membuat blog itu akan semudah kita membuat akun facebook atau twitter.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 4 (empat) kebiasaan buruk blogger pemula "

Post a Comment