Apa itu domain


Domain merupakan nama khas sebagai pengganti IP address dari web server atau email server di internet. Ini berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengingat suatu alamat server. Tanpa sebuah domain kita akan kesulitan kalau harus mengingat deretan angka yang banyak.

Domain sendiri dikelola oleh IANA. IANA mempunyai tanggung jawab untuk mengatur operasi dan perawatan pada sejumlah aspek DNS (Domain Name Server) termasuk didalamnya adalah root zone.

Setiap orang atau perusahaan dapat memiliki domain. Untuk mendapatkan domain kita bisa sewa seelama satu tahun kemudian diperpanjang lagi. Contoh domain adalah .com, .net, .org yang sudah sangat familiar dengan kita.

Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll

Domain juga dibagi menjad beberapa tingkatan :

Root level DOmain
Dari namannya saja udah bisa tahu kalau root (akar) jadi bisa dipahami kalau ini adalah sumbernya semua level dibawahnya yang kita beli dari registrar. 

2. Top-Level Domain
Ini seperti ekstensi yang berapa paling akhir pada sebuah nama domain seperti .com, .net, .org

3. Second-Level Domain
adalah suatu nama domain yang menggunakan Top Level Domain. Ini merujuk pada perusahaan atau organisasi yang mendaftar pada suatu registrar, seperti Google.com, yahoo.com dll. Google merupakan second-level domain sedangkan .com adalah top-level domainnya.

Sub Level Domain
bagian dari sebuah domain induk. umumnya mengacu ke suatu alamat domain di sebuah situs contohnya: google.com merupakan sebuah domain induk. kemudian mail.google.com merupakan sebuah sub domain.

agar lebih jelas, seperti ini hirarkinya



setiap orang dapat memiliki beberapa domain, setiap domain dapat dipakai sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Website adalah halaman yang digunakan untuk membagikan informasi yang diakses melalui internet. Website sendiri adalah kumpulan komponen yang bisa terdiri dari teks, gambar, atau video.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Apa itu domain "

Post a Comment