Apa itu BLOG ? perbedaannya dengan website ?


Apa itu Blog dan Apa Bedanya dengan Situs Web?
Apakah anda pernah bertanya “apa itu blog ?”. “beda website dan blog ?”
Kalau tidak anggap saja ini pertannyaan saya. Karena memang saya sering mendapatkan pertanyaan seperti itu.

Apa itu blog dan apa bedanya dengan situs web? 

BLOG
Blog adalah jenis dari sebuah situs web yang kontennya berurutan (kronologis). Dalam blog konten akan diupdate dalam jangka waktu tertentu. Konten ini biasanya disebut dengan posting ataupun entri. Blog biasanya dijalankan perorangan dan juga bisa kelompok kecil orang untuk menyajikan informasi dalam gaya percakapan.

berawal pada pertengahan 1990 blog ini adalah evilusi dari sebuah buku harian atau jurnal online. mereka yang aktif dalam dunia internet mulai mengisi website dengan rutin tentang kehidupan pribadi, ide dan komentar sosial.

Karena hal di atas digunakannlah istilah web-log pada akhir tahun 90-an untuk menyebut web dengan konten seperti ini. dan singkatnya kemudian pengucapan-pengucapan menjadi lebih sederhana dan ringkasnya disebut dengan BLOG.

Semakin banyaknya minat untuk membuat blog, muncullah beberapa platform yang menawarkan kemudahan dalam membuat blog. Dengan alat ini orang biasa yang tidak mengerti bahkan awam terhadap pemograman dan desain web bisa dengan mudah membuat blog.

Blogger.com terbilang menjadi platform pertama yang muncul pada tahun 1999. Seperti yang kita tahu, sangat mudah untuk menggunakan platform ini, bahkan tanpa kita tinggal posting saja karena tata-letak sudah didesain default untuk mudah digunakan.

Sedikit dibelakang blogger ada wordpress pada tahun 2003. Dengan fitur yang lebih variatif dan tampilan yang elegan wordpress kini menjadi platform terpopuler didunia yang digunakan lebih dari 30% pengguna situs.

Jadi apa perbedaannya dengan Website ? 
Kalau blog kontennya cenderung dinamis dengan urutan kronologis, website cenderung statis dengan konten yang tersusun dalam halaman yang jarang diupdate. Beda dengan blog yang kadang pemilik memposting beberapa artikel dalam satu harinya.

Sebuah blog bisa saja menjadi bagian dari sebuah website. Bahkan sebuah blog dapat dijadikan sebagai penggiring trafik menuju ke situs yang berisikan produk-produk sebuah perusahaan.

Perbedaan antara blog dan web bukan hanya masalah domain atau subdomain saja. hanya dengan menggunakan TLD tidak lantas bisa menjadikan blog bisa disebut dengan website. Perbedaan mendasarnya adalah pada konten (isi) dan juga cara menyajikannya. Konten yang selalu baru dengan tema yang beragam. Ide, komentar dan kritik merupakan tema-tema yang sering ada dalam blog.

referensi: dari berbagai sumber

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Apa itu BLOG ? perbedaannya dengan website ? "

Post a Comment