Lakukan Olahraga ini untuk menurunkan berat badan dengan cepat


Bagi yang ingin menurunkan berat badan, tentu olahraga merupakan hal yang penting. Diet yang ketat saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. yang ada justru kita akan jadi stress dan memicu berat badan makin naik. Tapi masalah yang timbul adalah kita kita melakukan suatu olahraga berat badan kita tidak kunjung turun. Lalu olahraga apa yang paling cepat membuat berat badan kita turun ?

Orang yang kelebihan berat badan tentu banyak sekali mengandung lemak. Lemak ini adalah cadangan energi yang disimpan oleh tubuh. Tempat favorit menyiman lemak ini adalah di perut atau paha. Kalau mau jujur, pasti semua orang tidak ada yang mau punya perut buncit. Sayangnya sekali perut itu buncit, sangat susah untuk mengecilkan kembali. 

Olah raga dapat dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama adalah LISS (Low Intensity teady State) jenis ini adalah olahraga dengan intensitas rendah yang dilakukan secara santai. Olahraga ini kebanyakan adalah olahraga jenis AEROBIK (olahraga yang dilakukan dengan udara) misalnya joging, jalan ringan atau renang ringan. ketika melakukan olahraga dengan jenis ini, pada 30 menit pertama gula darah yang terbakar. Dan lemak akan dibakar setelah 30 menit melakukan olahraga ini. 

Yang kedua adalah jenis olahraga HIIT (High Intensity Interval Training). Olahraga ini pada dasarnya adalah olahraga yang memaksa tubuh bekerja dengan maksimal. Otot-otot tubuh akan berkerja dengan maksimal dan jantung juga akan berdenyut dengan lebih kencang. Keunggulan olahraga jenis ini adalah lemak tubuh kita akan terbakar bahkan setelah kita berhenti melakukan olahraga. Hal ini karena ada keadaan yang disebut Epoc Efect yaitu excess post exercise oxygen consuption, dimana tubuh  membutuhkan oksigen lebih banyak dan tubuh membakar kalori lebih banyak bahkan hingga 48 jam setelah latihan. contoh olahraga ini misalnya adalah olahraga-olahraga permainan karena interval permainan memaksa tubuh bergerak dengan bervariasi dan interval yang tinggi. 

Jadi mana olahraga yang sebaiknya harus dilakukan untuk membakar lemak lebih efektif. Sebenarnya semua olahraga dapat dilakukan. Kuncinya adalah bagaimana mengatur interval dan intensitasnya. Jogging bisa kita lakukan dengan beberapa saat kecepatannya ditambah pada kecepatan maksimal. Para ahli juga berpendapat bahwa angkat beban merupakan jenis latihan yang paling efektif untuk membakar lemak. Namun olah raga jenis HIIT ini tidak boleh dilakukan setiap hari, meski begitu efek yang ditimbulkan sangat efektif membakar lemak. Untuk memilih olahraga yang tepat tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan dan umur masing-masing orang dan lebih baik lagi jika dikonsultasikan dengan dokter.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Lakukan Olahraga ini untuk menurunkan berat badan dengan cepat "

Post a Comment