Lingkungan Pemasaran


Apa itu Lingkungan Pemasaran?
Lingkungan Pemasaran meliputi faktor dan kekuatan internal dan eksternal. Lingkungan internal adalah pemilik, pekerja, mesin, bahan dll. Lingkungan eksternal dibagi lagi menjadi dua komponen: mikro & makro. Lingkungan mikro terdiri dari faktor-faktor yang terlibat dalam memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan penawaran. Lingkungan makro mencakup kekuatan sosial yang lebih besar yang memengaruhi masyarakat secara keseluruhan. Lingkungan luas terdiri dari enam komponen: lingkungan demografis, ekonomi, fisik, teknologi, politik-hukum, dan sosial-budaya.

"Lingkungan pemasaran perusahaan terdiri dari aktor dan kekuatan di luar pemasaran yang memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang sukses dengan pelanggan sasaran". - Philip Kotler

Lingkungan internal
Lingkungan internal bisnis mencakup semua kekuatan dan faktor di dalam organisasi yang memengaruhi operasi pemasarannya.
1. Sumberdaya
2. Manusia.
3. Aspek alat-alat manajemen dan teknologi, meliputi siste informasi, organisasi, dan teknik-teknik operasional

Lingkungan internal berada pada kendali perusahaan dan dapat diubah dengan perubahan lingkungan internal.

Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah kekuatan dan faktor yang berada diluar kontrol. Lingkungan eksternal terdiri dari dua macam

Lingkungan Mikro
Adalah komponen yang secara langsung terkait dengan kegiatan bisnis seperti :

1. Pemasok, Pemasok mencakup semua pihak yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi
2. Pesaing Pesaing adalah pemain di pasar yang sama yang menargetkan pelanggan serupa dengan yang dimiliki organisasi.
3. Perantara pasar mencakup pihak-pihak yang terlibat dalam pendistribusian produk atau layanan organisasi.
4. Pasar
5. pelanggan

Lingkungan makro
Komponen makro dari lingkungan pemasaran juga dikenal sebagai lingkungan yang luas. Ini merupakan faktor eksternal dan kekuatan yang mempengaruhi industri secara keseluruhan tetapi tidak memiliki efek langsung pada bisnis. Lingkungan makro dapat dibagi menjadi 6 bagian.

Lingkungan Demografis
Lingkungan demografis terdiri dari orang-orang yang membentuk pasar. Ini dicirikan sebagai investigasi faktual dan pemisahan populasi berdasarkan :

  • Struktur usia yang berubah
  • Perubahan profil keluarga
  • Perubahan populasi geografis
  • Populasi terdidik lebih banyak
  • Peningkatan keragaman

Lingkungan Ekonomi

  • Lingkungan ekonomi terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelian
  • Lingkungan ekonomi cenderung ditentukan oleh perhatian konsumen pada nilai dan perubahan pola belanja konsumen

Lingkungan Alam
Lingkungan fisik termasuk lingkungan alami di mana bisnis beroperasi. Ini termasuk kondisi iklim, perubahan lingkungan, aksesibilitas terhadap air dan bahan baku, bencana alam, polusi, dll.

Lingkungan Teknologi
Lingkungan teknologi merupakan inovasi, penelitian dan pengembangan dalam teknologi, alternatif teknologi, bujukan inovasi juga hambatan teknologi untuk kelancaran operasi. Teknologi adalah salah satu sumber ancaman dan peluang terbesar bagi organisasi dan sangat dinamis.

Lingkungan Politik-Hukum
Lingkungan politik terdiri dari hukum, badan, dan kelompok yang mempengaruhi atau membatasi tindakan pemasaran.Lingkungan politik telah mengalami tiga perubahan yang mempengaruhi pemasaran di seluruh dunia:

  • Semakin banyaknya undang-undang yang mengatur bisnis.
  • Penegakan hukum yang kuat oleh badan pemerintah.
  • Penekanan tindakan tanggung jawab etika dan sosial yang lebih besar.

Lingkungan Sosial-Budaya
Aspek sosial-budaya dari lingkungan makro terdiri dari gaya hidup, nilai-nilai, budaya, prasangka dan kepercayaan masyarakat atau nilai spiritualitasme yang baru.
Lingkungan budaya memperlihatkan:

Setiap usaha beroperasi dalam lingkungan pemasaran. Memahami lingkungan pemasaran berguna untuk perencanaan, memahami konsumen dan menghitung ancaman dan peluang. Dan semua itu adalah hal yang penting dan berpengaruh dalam keberhasilan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Lingkungan Pemasaran "

Post a Comment