Setting Custom domain blogger


Ada beberapa keuntungannya menggunakan TLD (Top Level Domain). Lebih terlihat profesional adalah yang pertama. Bagi situs-situs toko online wajib punya TLD. Ibarat orang, punya domain sendiri itu kita sudah punya rumah sendiri, beda kalau pakai sub domain yang hanya ngontrak.

Pengalaman saya pribadi ketika masih punya Domain sendiri adalah, adanya beberapa tawaran pasang iklan. Ini beda dari CPM, istilah kerennya endorsement gitu. Jadi dengan penggunaan TLD kita mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi. Bagi diri sendiri, adalah kita jadi sering update konten blog kita. Ya jelas saja, kan rugi sudah bayar domain mahal-mahal tidak diisi webnya.

Masuk ke masalah teknis. ada beberapa cara yang dapat digunakan. Pertama kita bisa pakai hosting sendiri. dan yang lebih ngirit adalah dengan custom domain. ya, ini semacam forwading dari blog yang selama ini kita pakai. Dan ini caranya custom domain di blogger

1. Silahkan login ke account Blogger Anda.

2. Setelah login Klik ‘Settings’.

3. Klik Add a Custom Domain.

4. Klik Switch to Default Settings.

5. Isi kolom dengan nama domain anda. Misal nama domain anda domain.co.id , maka cara mengisinya www.domain.co.id kemudian klik Save .

6. Maka Akan menampilkan CNAME yang harus dipasang di domain manager anda.

NB: CNAME yang diberi kotak merah tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/ Clientzone. Sekarang silahkan ditinggalkan dahulu Bloggernya.

Silahkan Anda login ke account WHMCS/ clientzone.rumahweb.com

1. Pilih domain Anda.

2. Klik menu Name Server. Pastikan Name Server anda seperti pada gambar.

3. Klik Manage Domain.

4. Klik manage DNS.

5. Klik A record, dan isi sesuai ketentuan berikut. Silahkan isi;

Domain name =

TTL = 14400

Record Type = A

Hostname = 216.239.32.21

Ulangi isikan Untuk IP or Hostname = 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21 Sehingga akan menghasilkan seperti gambar berikut ;

6. Klik Cname Record. Dan masukkan Seperti informasi yang ada di blogger tadi. Dan Setelah selesai silahkan anda kembali ke blogger tadi pada tampilan berikut. Silahkan coba klik save. Bila masih tidak bisa, mungkin itu masih dalam propagasi. Propagasi antara 1-24 jam.

Selanjutnya, bila sudah diklik Save, silahkan lakukan panduan berikutnya;

1. Silahkan klik ‘Edit’.

2. Ceklist kotak redirect. Selamat setting custom domain blogger di domain .id telah selesai. Silahkan Anda coba akses webnya.


Untuk domain saya sarankan .com (dot kom) karena .com sudah terbukti menjadi domain paling familiar dan terbanyak digunakan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Setting Custom domain blogger "

Post a Comment