Prinsip Dasar Pemasaran



Pemasaran adalah rangkaian kegiatan, mulai dari mempelajari sasaran, mengembangkan produk, menetapkan harga, memilih jalur distribusi, menyusun promosi, memasarkan produl dan memantau keseluruhan prosesnya. 

Konsep inti pemasaran berawal dari adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan dari konsumen. konsumen memenuhi semua kebutuhannya melalui produk, baik itu barang atau jasa. Pertukaran akan terjadi karena keinginan konsumen untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Rangkaian proses inilah yang kemudian disebut dengan pasar. Pemasaran terbentuk karena adanya sistem pemasaran. Sistem pemasaran ada dua macam :

1. Sistem pemasaran sederhana 
Dimana alur produk dari penjual langsung kepada pembeli

2. Sistem pemasaran modern
Adanya alur yang lebih rumit dimana pemasok memberikan bahan baku kepada perusahaan kemudian disalurkan oleh perusahaan pemasaran baru sampai kepada pengguna akhir. 

Pemasaran sendiri berbeda dengan penjualan. Perbedaannya ada pada konsep. Jika konsep penjualan adalah adanya laba dari volume penjualan. Sedangkan pemasaran bertujuan mendapatkan laba berupa kepuasan konsumen. karena konsep pemasaran yang berorientasi pada kepuasan konsumen inilah kemudian menciptakan konsep pemasaran berwawasan sosial. Dalam hal ini pemasar mempertimbangkan komponen perusahaan, masyarakat dan konsumen untuk menciptakan konsumen yang loyal kepada produk. 

Tugas pemasar jauh lebih rumit dari sekedar menjadi seorang penjual produk. Tentu hal ini tidak karena untuk menjadikan konsumen yang loyal dibutuhkan beberapa perencanaan dan strategi yang harus diterapkan.  

dirangkum dari berbagai sumber

Postingan terkait: