website dengan SSL terjamin keamanannya !

SSL- Kalau kita perhatikan di address bar browser kita kadang kita melihat icon gembok didepan domain web yang kita buka. Tapi ada juga beberapa web yang tidak muncul icon gembok ini. Bahkan di browser chrome akan tertlis “Not Secure”. Sebenernya apa maksud dari semua tanda itu.



HTTP adalah protokol jaringan yang digunakan oleh browser , server dan segala macam yang ada di internet untuk berkomunikasi. Namun hampir satu tahun ini google berkampanye untuk pemilik website segera beralih ke HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure ). Makannya di browser chrome semua yang masih menggunakan HTTP akan ditandai dengan Not secure (tidak aman). Dan firefox juga menyusul, bahkan yang sudah menggunakan SSL ditandai dengan gembong warna hijau cerah yang lebih menonjol.

Apanya yang tidak aman ?
Tentu saja lalu lintas data yang ditransfer melalui website yang bersangkutan. Ketika kita melakukan koneksi dengan website yang memiliki koneksi tidak aman (not Secure), data yang kita kirim ada kemungkinan untuk dicuri.

Lain dengan website yang menggunakan HTTpS sebagai protokolnya. Informasi yang kita kirim akan dienkripsi. Data kita akan terlindung karena siapa saja yang tidak memiliki corresponding key tidak akan mengakses data. Bahkan https akan memblokir ISP menyelipkan ads ke website.



Jadi perbedaan HTTP dan HTTPS adalah masalah keamanan transfer datanya. Kalau diibaratkan secara sederhana, http mengirim barang langsung masuk ke dalam mobil tanpa di packing dulu. Tentu orang-orang dijalan ada kemungkinan melihat muatan barang yang dibawa. Sedangkan https, barang sebelum masuk mobil dimasukkan kontainer dengan gembok.

Bagi pengguna tentu harus hati-hati ketika melakukan transfer data dengan sebuah website. Biasanya website yang memerlukan id pengguna atau website jual-beli online yang riskan dengan pencurian data. Tapi setahu saya website jual-beli di Indonesia yang gede-gede sudah tergembok kencang.

Bagi yang punya website, apalagi website jualan. Anda wajib beralih menggunakan  HTTPS. Tentu untuk keamanan toko anda dan yang lebih penting adalah keamanan pelanggan. Karena sebuah toko online pasti melakukan berbagai jenis transfer data dengan pelanggannya.

website bukan toko online kan tidak perlu pindah https !,,,..
Sekedar info, kembali ke atas… siapa yang mempelopori website-website pindah ke HTTPS ?... google ! google punya apa … adsense … dan adsense juga menyarankan para publisher untuk beralih ke HTTPS. Dan yang lebih penting, peringkat Google juga bisa melesat ditambah tampilan web lebih kelihatan keren :D

Gimana caranya Pindah ke HTTPS ?
Pasang SSL (Security Socket Layer). Tapi ya ini, masalahnya juga harus keluar duit lagi. Untuk sewa SSL satu tahunnya perlu nambah biaya tergantung di mana sewanya. tapi ada juga layanan ssl gratis yang bisa kita pakai. Banyak hosting yang menawarkan SSL gratis. Dan bagi yang custom domain blogspot ada juga cara dapat ssl gratis dari google. Silahkan dicoba yang mana sesuai dengan isi kantong.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " website dengan SSL terjamin keamanannya ! "

Post a Comment