Masih belum pakai whatsapp Business ? ini cara aktifin semua fiturnya !


Siapa yang tidak tahu whatsapp, aplikasi yang sekarang digunakan  sebagian besar pengguna smartphone. Sejak selesai dibuat 2009 dan diluncurkan di appstore pada 2010, whaatsapp terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk memuaskan penggunannya. Pada awal 2018 lalu whatsapp kembali dengan fitur terbarunya, atau lebih tepatnya membuat aplikasi khusus yang diperuntukkan untuk pebisnis. Namanya Whatssapp Business. Ini aplikasi yang sedikit berbeda dari whatsapp biasanya. Isi fitur disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tentunya. Dan menurut saya kalau kita memang serius menggunakan whatsapp untuk berbisnis, wajib kita beralih ke whatssapp business ini. 

Saya tidak akan mereview whatsapp Business, tapi karena mungkin belum banyak yang menggunakan saya akan kasih langkah-langkah install sampai menggunakan fitur-fitur yang membedakannya dari whatsapp personal.

1.      Install whatsapp Business dari playstore.
Satu hal yang paling beda adalah dari tampilan luarnya. Untuk membedakan dari whatssapp yang personal dengan logo gagang telepon whatsapp business menggunakan logo huruf ‘B” dengan latar yang sama (hijau). Jadi anda tidak akan kebingunan untuk memilih whatsapp business ini di playstore.


 2. Masukkan nomor telepon yang akan digunakan untuk bisnis anda.
Seperti yang kita tahu nomor ini yang belum digunakan ya, kalau sudah dipakai untuk whatssapp personal sudah tidak bisa. Mending menggunakan nomor yang lain saja.


3. Masukkan nama bisnis anda dan kategori yang bisa dipilih di kolom bawahnya.



4. Selesai anda sudah berhasil menginstall whatsapp business.



Di halaman pertama kita akan diminta untuk mendiskripsikan bisnis kita. Langsung saja sekalian diisi. Syukur sudah disiapkan fotonya.


Dikolom ini kita bisa mengisi lokasi tempat bisnis kita, jadwal pelayanan kita, email dan juga website kita. Setelah semua diisi whatsapp business kita siap untuk diluncurkan.


Sekarang setelah selesai kita bisa langsung menggunakan semua fitur dari whatsapp business ini. Masuk ke setting wa seperti yang ada pada whatsapp personal. Bedanya sekarang adalah adanya menu Business Settings. Lalu ada apa saja di dalam bisnis setting ini..

Yang pertama adalah statistic,. Fungsinya untuk mengetahui status pesan kita kepada pelanggan.


Yang kedua adalah Short Link ini akan membantu kita membuat pintasan untuk chat dengan kita. Link ini nantinya bisa dibagikan ke mana saja sesuka kita.


shotlink di whatspp

Kalau dibuka dengan browser maka tampilannya akan seperti di bawah ini, Tapi tetep saja nanti ujung-ujungnya adalah untuk menghubungi kita.


Untuk fitur yang berikutnya adalah fasilitas perpesanan kusus yang hanya ada di whatsapp business

Yang pertama adalah Away Message
Ini kerjanya seperti mesin penjawab telpon otomatis yang digunakan menjawab semua pesan ketika kita tidak bisa mengangkatnya. Di WA Business juga diberikan fasilitas ini. kita punya pilihan beberapa pengaktifannya.
  • Kita bisa kasih pesan apa yang akan kita terima ketika kita tidak menjawabnya
  • Kedua jadwal, jadwal kapan mesin ini akan menjawab pesan kita. Apa selalu dijawab mesin, dijam-jam tertentu atau juga sesuai dengan waktu off toko kota yang sudah disetting di jadwal
  • Kita bisa bisa setting  memilih siapa saja yang mendapat pesan ini, apa semua orang, atau hanya yang tidak ada di kontak kita, pengecualian atau hanya kepada seorang saja.
Yang kedua adalah greeting message
Ini adalah pesan untuk menyambut pelanggan kita setelah tidak aktif selama 14 hari. Kita bisa memodifikasi pesannya dan memilih kepada siapa saja akan dikirimkan. Dan ini juga berfungsi menjawab ketika koneksi kita sedikit lamban atau tidak aktif.

Yang terakhir adalah Quick replies
Ya membalas dengan cepat, kalau kita malas untuk ngetik balasan kita bisa menyiapkan balasan dengan cepat. Teks bisa kita setting  sesuai keinginan, bahkan bisa berupa gambar maupun emoticon. kita harus mensetting shortcut untuk memanggil pesan ini pada kolom yang sudah disediakan. Untuk menggunakannya kita bisa memanggil dengan shortcut yang sudah kita buat yang dimulai dengan tanda “/”



Dan satu lagi yang saya suka adalah kita bisa memberi label pada pelanggan kita. sudah disediakan beberapa label yang bisa pilih tapi kita juga bisa menambahnya, Fungsinya ini untuk menandai pelanggan kita, semisal ada yang belum bayar atau semisalnya. 


Meski fitur penjawab pesan ini sangat bermanfaat tapi disclaimer-nya WA bahwa fitur ini hanya berjalan ketika sambungan internet kita jalan, atau dengan kata lain kalau HP kita tidak terhubung internet atau mati maka penjawab pesan otomatis ini tidak akan jalan. Padahal sebenernya di saat seperti itu kita butuh alat untuk menjawab otomatis seperti yahoo messenger dulu. Tapi untuk saat ini whatsapp business ini layak untuk dicoba. Apalagi bagi anda yang menggunakan whatsapp sebagai sarana bisnis. Cepetan download mumpung masih gratis !

cek videonya >>

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Masih belum pakai whatsapp Business ? ini cara aktifin semua fiturnya ! "

Post a Comment