Pajak Lima Tahunan Di SAMSAT Sleman




Pajak kendaraan bermotor (PKB) atau Perpanjang STNK adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap orang yang punya kendaraan bermotor setiap tahunnya.  Pajak ini harus dibayarkan sebelum tenggat waktunya. Tapi untuk tahun ini saya terlambat selama 1 bulan yang tentu saja denda keterlambatannya dihitung satu tahun. Meski denda keterlambatan pajaknya terbilang kecil (36.000) tapi sebagai warga negara yang baik tentu bayar pajaknya harus tepat waktu.

tahun 2018 hingga 2019 ini saya setidaknya datang ke SAMSAT SLEMAN untuk perpanjangan STNK hingga 3 kali. Dua kali pajak lima tahunan dan satu kali pajak 1 tahunan. Meski prosesnya tidak begitu rumit namun beberapa orang kadang malas untuk datang sendiri ke SAMSAT. Kondisi SAMSAT saat ini jauh berbeda dari beberapa waktu lalu. Sedikit terkejut karena sudah beberapa tahun pajak selalu di outlet di dalam kota. Satu kesan dari saya adalah bahwa SAMSAT saat ini jauh lebih nyaman. Antrian tidak terlalu panjang dan proses yang cepat. Jadi bagi anda yang biasa malas datang sendiri, mungkin saat ini anda bisa mencoba untuk perpanjangan STNK anda sendiri.

langsung saja saya bagi langkah-langkah saya Pajak 5 tahunan kemaren :
1. Siapkan syarat-syaratnya
BPKB, STNK dan KTP, yang dibutuhkan hanya fotocopyannya saja tapi kalau saya lebih nyaman fotocopy di kios dekat SAMSAT. Alasannya, tidak terlalu banyak basa-basi tukang fotocopynya sudah tahu berapa jumlah copy dan dibendel rapi. Jadi kita nanti sudah tidak ribet lagi menyiapkannya.

2. Cek Fisik
Setelah syarat-syarat lengkap langsung saja menuju ke basement SAMSAT SLEMAN. Meski nanti tukang parkir juga sudah mengarahkan karena tahu dari nomor plat nomor anda yang sudah expired. Setelah sampai di tempat cek fisik langsung saja ambil nomor antrian untuk cek fisik. Nomornya ada disebelah lift ketika saya datang kemarin. Tunggu sampai nomor antrian dipanggil. Setelah selesai, isi formulir yang sudah di tempeli cek fisik kendaraan kita. Kalau malas nulis, di sana banyak orang yang menawarkan jasa ngisi formulir dengan biaya seikhlasnya. 

3. Pengesahan cek FISIK
Masukkan formulir cek fisik yang sudah diisi ke loket pengesahan yang berada paling kiri. Tenang saja sudah ada tulisan gede banget yang menunjukkan kalau itu loket cek pengesahaan.

4. Mengambil formulir Pajak 5 Tahunan
Letak loketnya ada di sebelah kanan loket pengesahan. langsung saja siapkan duit 160.000 untuk motor dan bayar di loket BPD sebelahnya dan anda akan diberi formulir. Setelah itu isi formulirnya, kalau pengen enak anda boleh minta jasa tulis lagi itung-itung sedekah dan ngirit waktu dan dapat bonus staples. Setelah itu ke lantai atas lewat tangga yang ada di ujung.

5. Loket Penyerahan Berkas
Setelah naik ke lantai 1 langsung menuju ke resepsionis yang ada di meja paling kiri untuk mendapat nomor antrian. setelah nomor antrian anda dipanggil berkas anda akan diperiksa jika sudah komplit dan divalidasi anda akan diberi nomor antrian baru.

6. Counter 1
Langsung saja ke tempat antrian untuk menunggu dipanggil di counter 1. Setelah nomor antrian anda dipanggil serehkan berkas di counter 1 paling kiri. Siapkan uang anda sambil menunggu tagihan anda. Setelah bayar pajak anda duduk kembali di kursi antrian hingga STNK baru anda jadi. Kalau anda beruntung, tidak sampai 5 menit STNK anda jadi.


7. Ambil Plat Nomor
Setelah STNK anda jadi turunlah ke basement lagi untuk mengambil Plat Nomor (TNKB). Langsung saja ke kios fotocopy yang ada di basement. Fotocopy STNK dan surat pajaknya tidak perlu bilang berapa lembar tukang focopy-nya sudah paham hehe. Setelah itu taruh di keranjang kecil yang ada di depan lobang loket pengambilan plat nomor. Tunggulah sampai nama (sesuai yang di STNK) dipanggil. Siapkan STNK asli untuk mengambil plat (jangan dimasukkan plastik dulu).

8. Selesai

Seperti itulah pengalaman saya pajak motor 5 tahunan di SAMSAT Sleman yang baru. Ketika itu saya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam mulai dari cek fisik hingga STNK jadi. Lebih baik anda datang lebih pagi untuk bisa selesai cek fisik lebih awal, karena hanya cek fisik inilah yang paling lama dari semua proses.







Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk " Pajak Lima Tahunan Di SAMSAT Sleman "

  1. gan mau tanya dong kalo gapunya ktp atas nama yg di stnk gimana ya?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih info yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Bagus banget gan, terima kasih.!

    DOWNLOAD LAGU MP3 ATAU MP4 SECARA GRATIS DAN TERLENGKAP DI SINI =>

    1. UNDUH MP3
    2. LAGU BAGUS
    3. MUSIK MP3
    4. MP3 TERBARU
    5. TANGGA LAGU
    6. KPOP MP3
    7. DOWNLOAD LAGU MP3
    8. SITUS DOWNLOAD LAGU

    ReplyDelete