Inilah kunci agar berat badan bisa turun !

Kalau yang lagi semangat membakar lemak atau menurunkan berat badan pasti sudah sangat sering mendengar istilah Defisit Kalori. Tapi apakah defisit kalori itu ? pertama kita harus tahu dulu apa itu kalori. Kalori itu satuan untuk mengukur banyaknya energi dalam makanan atau minuman. Kalau serius mau menurunkan berat badan harus paham dulu berbagai makanan dan kalori yang dihasilkan makanan yang akan dimakan. 

Setiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan kalori setiap orang dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin dan aktivitasnya. Hal inilah yang kadang membuat kita bingung. Ada orang yang makannya sembarangan dengan porsi yang banyak tapi tidak gemuk-gemuk. Sedangkan kita makan sedikit saja sudah membuat perut buncit. Itu karena perbedaan kebutuhan kalori pada setiap orang tadi. Rata-rata pria dewasa membutuhkan kalori sebanyak 2500 sedangkan wanita sebanyak 2000 kalori. 

Untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak kuncinya adalah dengan membatasi kalori yang masuk. Kalori yang masuk haruslah lebih kecil dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalau tubuh kita memerlukan kalori sebanyak 2500 sehari, maka kita harus mengontrol kalori dibawah kebutuhan misalnya 2300 kalori. Maka tubuh kita akan kekurangan sebanyak 200 kalori. Nah itulah yang disebut dengan Defisit Kalori. 

Ketika terjadi defisit kalori tubuh tidak akan tinggal diam karena tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas. Maka tubuh akan mengambil kebutuhan kalori dari cadangan yang ada di dalam tubuh kita, cadangan itu adalah lemak. Itulah mengapa defisit kalori merupakan kunci untuk membakar lemak. Karena pada dasarnya lemak adalah cadangan energi yang disimpan tubuh ketika makanan kita melebihi kebutuhan kalori. 

Setelah memahami defisit kalori ini, ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk membakar lemak. Yang pertama adalah dengan diet. Mengatur makanan dengan memperhatikan kebutuhan kalori. Tentu agar defisit, kalori dari makanan yang kita makan harus lebih kecil dari kalori yang dibutuhkan tubuh. Dan yang kedua adalah dengan olahraga. Kita tetap makan seperti biasa asalkan makanan yang bersih dan sehat tapi defisit didapat dengan meningkatkan aktivitas olahraga

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Inilah kunci agar berat badan bisa turun ! "

Post a Comment