Tips Memilih Buku

"Jangan menilai buku dari sampulnya"
pernahkah anda memilih buku kemudian membelinya ? lalu setelah sampai rumah anda baca. Dan sampai akhir buku anda bingung sendiri, sebenarnya ada informasi apa yang ada dalam buku ini. Itulah tanda kalau kita salah memilih buku !

Itulah salah satu resiko yang didapat jika hanya melihat buku dari sampulnya saja. Terkadang buku yang bagus tidak selalu disertai dengan sampul yang menarik, bahkan kadang judulnya saja tidak terlalu mengundang ketertarikan orang untuk membacanya. Maka dari itu kita perlu cara untuk menilai sebuah buku. Berikut ini beberapa tips cara memilih buku yang bagus 


Pertama- Tentukan tema buku apa yang akan kita baca atau kita perlukan. Sesuaikan dengan minat kita apakah tentang pengetahuan umum, teknis atau yang lainnya. Dengan kita mengetahui ini kita akan fokus dan efisien dalam mencara bahan bacaan yang akan kita cari. 

Kedua-  Baca resensi yang ada di buku atau katalog bisa juga lewat internet (web) Dalam resensi harusnya sudah memuat gambaran besar tentang isi buku. Buku yang bagus tentunya mengandung informasi-informasi atau pengetahuan baru. 

Ketiga- Baca halaman pertama, ada beberapa buku yang dijadikan sample memang untuk dibaca sebelum membeli. Kita manfaatkan ini untuk membaca buku tersebut. Biasanya dalam buku terdapat kata pengantar yang menjelaskan isi buku sampai dengan pengarang. 

Keempat- Pengarang, tentu buku yang bagus juga hasil dari tulisan yang bagus pula. alangkah baiknya kita juga mencari tahu biografi pengarang sebagai bahan pertimbangan.

Kelima- Best Seller, ini adalah patokan umum kebanyakan orang yang menurut saya lebih bersifat subyektif. Tidak ada jaminan bahwa best seller pasti bagus. 

Rekomendasi- Bisa dari penjual, pustakawan atau teman kita. Akan sangat baik jika kita mendapat rekomendasi dari teman yang sudah pernah membaca sebuah buku atau mungkin juga informasi mengenai pengarang.

Terlepas dari semua hal diatas, buku adalah sebuah karangan manusia dimana pasti ada banyak kekurangannya. Tak lain hanyalah salah satu media untuk menuangkan pikiran dan menyebarkannya. 

(dirangkum dari berbagai sumber)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Tips Memilih Buku "

Post a Comment