Manfaat yang terkandung dalam kulit Buah Manggis


Mungkin lagi musimnya manggis, setiap hari disuguhin manggis. Karena itu juga jadi kepikiran manfaat buah ini. Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Selain buahnya yang sangat enak manggis menyimpan banyak manfaat dalam kulitnya. Manfaat kulit manggis bagi kesehatan sangatlah luar biasa. Berbagai penyakit yang dikenal sulit untuk disembuhkan mampu diatasi dengan kulit manggis ini. diantaranya adalah kanker dan jantung. 

Dari hasil penelitian terbukti bahwa buah manggis ini mengandung zan xanthone. Dimana zat ini berguna untuk menghindarkan seseorang dari kanker stadium lanjut. Selain itu juga dapat menghancurkan sel-sel kanker, karena dalam manggis dan kulitnya memiliki sifat anti proliferasi danaposis yang menjadi pembunuh penyakit kanker sekaligus mencegahnya.

Selain memiliki sifat antioksidanm xanthones yang merupakan senyawa alami yang terkandung dalam kulit manggis ini juga memiliki sifat antitrombotik dan anti platelat. Dan juga bersifat vasorelaxation yang mana mampu menurunkan tekanan darah pada dinding pembuluh. Oleh karenananya mampu memberikan perlindungan dari penyakit kadiovaskuler (penyakit jantung iskemik dan ateroklerosis. 

Lalu, bagaimana cara mengilah untuk mendapatkan manfaat kulit manggis ini ? untuk jaman sekarang sudah banyak dijual kapsul/pil dengna ekstrak kulit manggis ini. cukup mudah saja kita hanya perlu untuk menelannya saja. 
Cara tradisional yang selama ini dipakai adalah dengan merebusnya. Selain itu juga bisa dengan membuat jus.

Cara Membuat Jus kulit Manggis. 
1. Kulit manggis (2-3 buah) – Jumlah ini dapat disesuaikan kebutuhan
2. Ambil bagian dalam, jangan ambil bagian luarnya yang keras.
3. Blender kulit, dapat dicampur dengan susu, alpukat, dan coklat sesuai selera.
4. Setelah halus, kulit manggis tersebut sudah dapat disajikan.

Kulit manggis juga bisa digunakan untuk penderita diare dan juga masih banyak lagi. Demikian beberapa manfaat kulit manggis yang bisa saya tulis di sini. semoga saja bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Manfaat yang terkandung dalam kulit Buah Manggis "

Post a Comment