Sarana Manajemen

Sarana Manejemen diperlukan oleh seorang Manajer untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Ada beberapa unsur dalam sarana manajemen ini diantaranya adalah: man, material, money, method, machine dan market.

1. Man (manusia) 

Ini adalah sarana paling pokok dalam keberhasilan yang akan dicapai.  Berbagai macam kegiatan dalam kegiatan yang menyangkut fungsi manajemen ini di lakukan oleh manusia. Contohnya adalah perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengendalian atau dapat pula kita tinjau dari sudut bidang, seperti penjualan, produksi, keuangan dan personalia.

2. Material 

Kegiatan dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan material. Material dianggap pula sebagai alat sarana mencapai tujuan manajemen

3. Machine (mesin) 

Tentu dalam dunia di mana kemajuan teknologi berkembang pesat mesin juga berperan besar dalam kegiaatan manajemen. Sangat bertolak belakang pada pada masa sebelum revolusi industri. Mesin sudah menjadi pembantu manusia pada masa sekarang.

4. Method (metode) 

Melakukan kegiatan yang berdaya guna dan berhasil guna manusia dihadapkan dengan berbagai alternatif metode untuk menjalankan pekerjaannya. Dan pada akhirnya cara-cara ini terangkum dalam sebuah metode yang menjadi suatu sarana tersendiri.

5. Money (uang)

Penting sekali peranan uang ini,  uang dibutuhkan untuk membiayai berbagai kegiatan. kelancaran sebuah proses manajemen terkadang sangat ditentukan dengan uang ini, manajer pun harus pintar mengatur penggunaan uang.

6. Market (pasar)

Untuk organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang industri, pasar tentu sangatlah penting. Misalnya, di mana barang produksi harus dipasarkan. Seperti apa keinginan pasar yang sedang berkembang dan bagaimana cara memperluas pasar.
Itulah sarana-sarana manajemen yang ada, semoga menambah pengetahuan kita.

dari berbagai sumber

Postingan terkait: