Sarana Manajemen



Untuk mencapai tujuan manajemen yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets.

Man (SDM)

Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan itu kita bisa lihat dari sudut proses, planning, staffing, directing, dan controling. Manajer adalah oranga uang mencapai hasil melalui orang lain.

Money (uang)

Uang untuk melakukan berbagai aktivitas, orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen memerlukannya. Keberhasilan sebuah aktivitas menejemen juga ditunjang alat yan satu ini.


Materials (bahan)

Dalam pelaksanaan manajemen manusia menggunakan bahan-bahan untuk menunjang prosesnya.
Materi terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

Machines (mesin)

Mesin diartikan sebagai alat untuk mengambil manfaat dari bahan-bahan yang ada. Bahan mentah (raw material) ini mesti diolah menggunakan mesin agar bisa dimanfaatkan.

Methods (metode)

Suatu tata cara kerja yang baik dan teratur akan memperlancar jalannya pekerjaan. Metode bisa dilakukan dengan memberikan pertimbangan-pertimbangan pada sasaran. fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Contoh dari metode ini misalnya adalah metode insiden dan metode role playing.

Market (pasar)

Tanpa adanya pasar dalam proses industri tentu tujuan perusahaan tidak mungkin tercapai. Market atau pasar adalah sarana manajemen penting bagi industri dan umumnya bagi semua badan yang bertujuan untuk mencari laba.

Postingan terkait: