Langkah menulis artikel yang baik


Pertanyaan yang sering diajukan orang-orang seperti saya yang sangat pemula dalam dunia bloging adalah “bagaimana cara menulis artikel yang baik?”. Tentu tujuannya adalah untuk membuat konten blog menjadi lebih berkualitas.

untuk mengerti bagaimana caranya menulis artikel yang baiki, kita perlu mengingat lagi Apa itu artikel. Artikel adalah sebuah karangan pendek yang memuat sekitar 300 sampai 1000 kata, tema yang dibahas di dalamnya biasanya sesuai dengan pikiran, gagasan atau konsep tertentu yang hendak disampaikan sama yang nulis.

 Lalu, bagaimana cara menulis artikel yang baik itu ?
  1. Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan Tema. Ambil tema yang sangat spesifik. Selain lebih menarik untuk dibaca, kita juga tidak akan kesulitan mencari bahan-bahan sebagai referensinya.
  2. Menetapkan tujuan menulis artikel. Meski tidak perlu ditulis secara terang-terangan dalam tulisan tapi ini diungkapkan secara tersirat, mengalir mengikuti alur tulisan.
  3. Ide pokok. Ini adalah inti dari masalah yang akan kita bahas dalam sebuah artikel, oleh karena itu biasanya berupa sebuah pertanyaan. Kemudian dengan artikel yang kita buat berusaha memberi jawaban atas masalah ini. misalnya, “bagaimana cara menginstall wordpress di localhost”. Karena ada pertanyaan seperti itu maka kita bisa membuat artikel tentang cara memasang wordpress di localhost.
  4. Uraikan masalah, berikan analisa dari apa yang teman-teman amati. Jabarkan semua masalah yang ditemukan
  5. Buat kesimpulan, jika kita sudah mengikuti langkah diatas saya kira membuat kesimpulan tidaklah sulit.
Perlu diketahui juga bahwa artikel itu mempunyai jenis yang bermacam-macam. Ada artikel Diskripsi (penggambaran), Narasi (cerita), Eksposisi (penjabaran), Agumentasi (pendapat), Persuasi(ajakan) dan khusus untuk perBlogingan ada Artikel SEO (Search Engine Optimatization).

Dari kesekian banyak jenis artikel tersebut untuk pemula seperti saya ini sangat mudah untuk membuat artikel berjenis diskripsi dan juga eksposisi. Namun untuk teman-teman silahkan dicoba saja sesuai dengan seleranya masing-masing. Cara untuk belajar menulis adalah dengan menulis itu sendiri. Untuk mempertajam ide kita hanya perlu banyak membaca. Selamat menulis :)

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk " Langkah menulis artikel yang baik "

  1. Dapat ilmu disini mengenai cara menulis artikel, makasih gan

    ReplyDelete