Bahan-bahan sederhana untuk mengatasi batuk !


Batuk adalah salah satu penyakit yang cukup mengganggu, meski mungkin akan hilang dalam waktu sepekan. Beberapa kegiatan tidak akan berjalan lancar karena batuk.  Meski pada kenyataannya fungsi batuk adalah sebuah proses untuk menghilangkan semua kotoran yang ada dalam tenggorokan.

Banyak sekali obat yang sangat cepat mengatasi batuk. Kita bisa membeli di apotek tanpa resep dokter. Namun jika kita tidak punya waktu untuk pergi ke apotek atau karena jaraknya yang cukup jauh, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk ini. bahan yang mudah didapat di rumah kita dan juga cara membuatnya yang tidak terlalu rumit.

Berikut ini bahan bahan yang harus kita persiapkan :

Madu
Selain memang sudah terkenal dari dulu telah mengandung berbagai macam khasiat dan kegunaan, ternyata madu bisa digunakan untuk mengatasi batuk. Menurut beberapa penelitian madu secara efektiv dapat menghilangkan batuk karena kandungan dekstrometorfan.

Cabe

Cabe ini sudah sering dijadikan sebagai bahan yang dipergunakan orang ketika batuk. Efek yang terasa adalah melegakan hidung yang tersumbat. Namun menurut saya pribadi, hal ini lebih cocok ketika digunakan ketika menderita batuk berdahak. Untuk batuk kering akan memberikan rangsangan yang membuat tenggorokan menjadi kurang nyaman.

Bawang Bombay
Seperti bawang pada umumnya, uap dari bawang ini akan membuat mata berkaca-kaca. Dan menurut beberapa ahli, uap inilah yang bermanfaat untk menghentikan batuk. Caranya adalah dengan memotong bawang bombay menjadi empat bagian, kemudian diletakkan di kamar tidur. Hal dilakukan agar uapnya neyebar didalam kamar dan terhirup penderita batuk.

Bawang Putih
Bawang putih adalah Salah satu bumbu yang wajib ada dalam masakan. Selain digunakan sebagai bumbu, bawang putih ternyata dapat digunakan untuk mengatasi batuk. Meski tidak se-mujarab bahan-bahan sebelumnya. Bawang dapat dijadikan sebagai suplemen bagi tubuh untuk menambah ketahanan dari batuk dan pilek.

Bahan-bahan di atas sangatlah mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Namun tentunya ada batas terntentu untuk digunakan. Dan jika memang batuk sudah begitu membandel (ada gejala, sesak nafas, mengi dan keluar dahak kental dengan warna kuning kehijauan atau darah). segeralah untuk pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Bahan-bahan sederhana untuk mengatasi batuk ! "

Post a Comment