Apa susahnya ngetik ucapan ?

Berawal dari rasa prihatin teman saya yang kebetulan berada pada sebuah grup Whatsapp yang sama. Ada suatu informasi tentang sorang bocah yang hilang dan kemudian ditemukan sudah meninggal di dalam sebuah sumur. Kemudian ucapan mulai masuk satu per satu. Ada yang aneh dengan fenomena grup chat akhir-akhir ini. Dan ternyata bukan hanya saya saja yang merasakannya. Tak lama kemudian teman saya japri “Analisa komentar !... komentar *** sudah di-copas 4 kali” (copas: copy paste)

Teknologi ini memang memudahkan orang untuk memposting sesuatu tanpa harus sibuk ngetik. Biasanya digunakan dalam menyebarkan sebuah informasi yang penting dengan kalimat bahkan paragraf yang panjang. Tentunya tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyebarkan informasi ini. 

Dengan Social Media, Chatting Media (whatsapp, line, BBM..) informasi yang tersebar bisa sangat cepat menjangkau banyak orang. Reaksi dan komentar kemudian juga bermunculan menanggapi informasi yang masuk. Tidak ada yang menjadi masalah sebenernya dalam hal itu. Namun saya dan teman saya ini merasa ada yang kurang pas, yaitu adanya copy-paste tentang sebuah ucapan. Kami sepaham bahwa sebuah ucapan tentunya harus didasari dengan sebuah ketulusan. 



Dari gambar di atas dapat dilihat ada chat yang sama persis. Tentu orang bego’ juga tahu kalo itu hanya copas. Hal itulah yang menurut kami menjadi kurang pas. Okelah kalau emang dalam bercanda tapi ini sebuah ucapan !. Terlebih lagi ucapan duka, mbok ya yang sedikit kreatif ! ngrangkai kata-kata sendiri apa susahnya sih..? untuk nomer 1 iyalah... “ucapan Innalihali Wa Inna Ilaihi Raji’un “ emang rangkaiannya spt itu... meski, mungkin lebih baik kalau dibedakan dari yang lainnya. Tapi kalau yang nomer 2 & 3 itu sudah keterlaluan. Kok kayankanya ajang apa aja... bisa milih mana yang mau di copas :(

Saya pribadi sih percaya, tidak ada yang bermaksud untuk bercanda. Cuman kan namanya orang beda-beda. Ada yang nganggep hal itu biasa, tapi juga ada yang nganggep itu sebagai sebuah guyonan. Apalagi yang mendapat ucapan juga ada dalam grup yang sama, dan orang yang sedih biasanya sangat sensi lho... Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kalau untuk hal-hal yang serius juga kita bersikap serius. Apa susahnya ngetik beberapa kata ? 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Apa susahnya ngetik ucapan ? "

Post a Comment