Apa itu Panama Papers ?

Apa itu Panama Papers ? – dunia tengah heboh dengan Panama Papers. Sebuah firman hukum asal Panama, Mossack Fonseca, mengalami kebocoran dokumen finansialnya. Data ini terangkum dalam hasil investigasi sebuah organisasi wartawan global, International Consortium of Investigatigative Zeitung (ICIJ). ICIJ ini berisikan lebih dari seratus organisasi pers dari seluruh dunia

Informasi antara tahun 1977 hingga awal 2015 berhasil diungkap ke publik yang mana data Panama Papers tersebut mencapai 2,6 terabyte. Yang membuat heboh adalah dalam data tersebut dapat dilihat dunia offshor atau dunia tanpa pajak. 

Mossock Fonseca menawarkan kerahasian finansial kepada politikus, penipu, mafia narkoba, miliuner, selebriti dan bintang olahraga untuk mendirikan negara bebas pajak.

Dalam gelombang global uang terus mengalir dengan tetap terjaga kerahasiaannya. Praktek tersebut mendorong banyaknya modus kriminalitas dan perampokan kekayaan negara karena pajak yang tidak dibayarkan. 

Tersimpan berbagai data email, tabel keuangan, passport dan catatan pendirian perusahaan, dimana data ini mengungkapkan identitas rahasia dari pemilik akun bank dan perusahaan di dalam 21 wilayah atau yuridiksi offshore. 

Dalam data Panama Papers juga tersimpan kerahasiaan hasil kejahatan seperti harta hasil pencurian, korupsi atau pencucian uang.  Setidaknya ada 128 politikus dan pejabat publik dari seluruh dunia yang namanya tercantum dalam jutaan dokumen yang bocor ini.

Setelah diungkap, dokumen juga menunjukkan bagaimana Mossack secara teratur menawarkan klien mereka untuk membuatkan dokumen dengan tanggal mundur (backdated documents) untuk membantu klien mereka mendapatkan keuntungan dari berbagai perjanjian bisnis mereka. Setiap satu bulan ke belakang dalam penetapan tanggal dokumen perusahaan mereka, klien harus membayar US$ 8,75 pada Mossack.

Seorang reporter di SüddeutscheZeitung adalah orang mengungkapkan data tersebut untuk pertama kalinya. Dan kemudian dibagikan dengan ICIJ dan semua media dalam kolaborasi ini. Tak ada media yang diminta membayar untuk memperoleh dokumen ini. Dokumen itu kemudian berujung pada sejumlah operasi penggeledahan di Jerman pada awal 2015. Dokumen ini kemudian ditawarkan pada otoritas pajak di Inggris, Amerika Serikat dan sejumlah negara lain. (sumber:tempo.co)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Apa itu Panama Papers ? "

Post a Comment