Masih perlukah membuat artikel SEO ?


Masih banyak yang bertanya tentang apakah artikel SEO itu. Biasanya adalah blogger-blogger pemula sperti saya :D SEO sendiri adalah Search engine optimization, yaitu pengoptimalan mesin pencari, maksudnya adalah langkah atau kegiatan untuk membuat mesin pencari menemukan web kita. Jadi artikel SEO ini adalah artikel yang ditulis agar selalu muncul di urutan pertama mesin pencari. 

Arikel SEO sangat bergantung kepada keyword (kata kunci),  google merayapi setiap artikel dengan melihat unsur-unsur kata atau rangkaian kata yang dituliskan oleh orang yang melakukan penelusuran dengan browsernya. Kemudian google akan menyajikan semua hasil perayapannya ke halaman hasil pencarian. 

Semakin banyak kata yang cocok maka urutan pengindekannya akan semakin berada di atas. Karena itu banyak artikel-artikel SEO yang menempatkan kata kunci di awal-awal paragraf dengan harapan google akan lebih cepat untuk merayapinya. 

Untuk mengenali artikel-artikel SEO ini sangat mudah dan bahkan mungkin kita sudah pernah menemukannya. Misal kita sedang membutuhkan sesuatu dan kemudian menggunakan mesin pencarian. Kita ketikkan beberapa kata dan kemudian mucul artikel yang sangat cocok dengan kata kunci yang kita ketikkan. Namun setelah kita baca ternyata isinya sangat jauh dari harapan kita. Itulah salah satu ciri-ciri artikel SEO.

Kelebihan dari artikel SEO adalah sering masuk dalam halaman pertama hasil pencarian. Dan peluang untuk dibaca akan lebih besar. Karena secara logika orang pasti menganggap artikel yang berada pada halaman pertama dan di urutan pertama adalah yang peling cocok dengan yang carinya. 

Namun artikel SEO juga mempunyai kelemahan. Salah satunya adalah sulitnya mencari pengunjung yang loyal. Ini adalah pengunjung setia yang menjadikan satu web menjadi rujukan utama. Alasannya mudah saja, karena artikel SEO hanya mengejar peringkat index saja. Faktor isi konten yang sebenarnya dicari oleh pengunjung terkadang diabaikan. 

Semakin saya belajar untuk menulis artikel SEO ini saya justru semakin menemukan bebreapa kelemahannya yang justru akan membuat web atau blog kita dijauhi pengunjung. Dan untuk sekarang kita sebenarnya tidak perlu lagi memusingkan dengan SEO dan selalu muncul dalam halaman pertama hasil pencarian. 

Mesin pencarian google sekarang sudah tidak semata-mata mengeluarkan hasil pencarian hanya berdasar keyword. Durasi orang membaca kini juga menjadi dasar lain. Misal ada dua artikel dengan panjang dan pengunjung sama tapi terdapat perbedaan rata-rata pengunjung membaca artikel maka, google akan menempatkan yang lebih lama dibaca diurutan yang lebih tinggi. Logikannya, artikel yang lebih lama dibaca pasti lebih menarik. 

Dari apa yang saya tulis diatas maka kita sudah tidak perlu risau lagi, apakah artikel yang kita tulis sudah memenuhi syarat SEO atau apakah akan muncul dalam halaman pertama mesin pencairan. Tulis saja sesuka hati, mungkin teman-teman sudah pernah membaca ungkapan... “menulislah dengan hati”. Meski terdengar lebay :D tapi memang itu yang mendasari tulisan kita menjadi lebih hidup dan memiliki daya tarik tersendiri. Selamat menulis... !

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Masih perlukah membuat artikel SEO ? "

Post a Comment