Waspadai virus Zika !


Virus Zika adalah jenis virus dari family Flaviviridae dan Genus Flavirus. Virus Zika ini disebarkan oleh nyamuk Aedes. Manusia dapat terkena virus zika ini dan menderita sakit ringan. Awal penemuan virus ini adalah pada awal tahun 1950 di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia. 

Virus zika ini menyebar ke polenisia pada 2014 kemudian di pulau paskah. Beberapa Negara mengeluarkan panduan untuk melakukan langkah penyebaran virus zika ini. Ibu yang hamil diminta untuk menunda perjalanan ke negara-negara yang terjangkit virus ini. 

Negara tersebut diantaranya Zika ini antara lain Brasil, Barbados, Kolombia, Ekuador, El Salvador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, Meksiko, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname dan  Venezuela.. 

Gejala virus zika ini sama seperti orang yang terkena virus pada umumnya, awalnya akan merasa lemas dan demam secara mendadak. Kulit kemerahan di badan, kaki, punggung dan merasakan nyeri pada otot dan sendi. Jika merasakan hal itu alangkah baiknya jika langsung diperikasakan ke dokter. 

Akhir-akhir ini virus zika banyak dibicarakan setelah adanya laporan dari Brazil yang menemukan bayi dengan kepala yang kecil (mikrosefali). Ini dihubungkan dengan virus zika yang menginfeksi ibu bayi tersebut yang ketika hamil, dan kemudian mengganggu perkembangan otak bayi. 

Vaksin untuk virus zika ini belum ada, untuk itu mencegah adalah langkah yang baik. Sama seperti pencegahan pada demam berdarah, pemberantasan sarang nyamuk dengan metode 3 M (mengubur, menguras dan menutup). (dari berbagai sumber)



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Waspadai virus Zika ! "

Post a Comment