Pengertian dan Fungsi Manajemen

Yang di maksud dengan manajemen Manajemen adalah 
a. Manajemen sebagai suatu proses
  • Dalam encyclopedia of the social sciences dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan proses dimana pelaksanaan suatu tujuan duselenggarakan dan diawasi
  • Haimann mengatakan manajemen adalah funsi untuk mencapai suatu usaha melalui orang lain untuk mencapai tujuan bersama
  • George R Terry, pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain

b. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan menajemen               dalam suatu badan.
c. Manajemen sebagai suatu ilmu
d. Manajemen sebagai suatu seni.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni dan Ilmu perencanaan, pengoraganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Fungsi manajemen
Secara garis besar bisa dikatakan ada 4 fungsi yaitu mencakup: perencanaan, penyusunan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. 
Namun secara rinci meliputi 10 hal :

Forcasting
adalah kegiatan meramalkan, memproyeksikan atau mengadakan taksiran terhadapberbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana uang lebih pasti dapat dilakukan 

Planning termasuk badgeting
Adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai oelh suatu organisasi, menetapkan peraturan-peraturan dan pedoman-pedoman pelaksanaan tugas, menetapkan urutan-urutan pelaksanaan yang harus dituruti, menetapkan ikhtisar biaya yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dan rangkaian tindakan yang akan dilakukan di masa datang/kegiatan untuk menentukan (1)apa yang harus dikerjakan, (2)apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan. (3)di manakah kegiatan itu harus dilakukan. (4)kapan tindakan itu harus dilakukan. (5)siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu. (6)bagaimana caranya melaksanakan tindakan itu. 

Organizing
Keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokkan orang serta penepatan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas-aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Staffing atau Assembling Resources
Merupakan fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi

Dirrecting atau Commanding
Adalah fungsi menajemen yang berhubungan dengan memberi bimbingan, saran, perintah atau instruksi kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan tersebut agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju kepada tujuan yang telah ditetapkan semula. 

Leading 
Pekerjaan yang dilakukan seorang menejer yang menyebabkan orang lain bertindak. Meliputi: mengambil keputusan, mengadakan komunikasi agar ada bahas ayang sama antar atasan dan bawahan, memberi semangat inspirasi dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka trampil dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan 

Coordinating
Disebut juga mengkoordinasi. Adalah kegiatan yang dilakukan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, keosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan , menyatupadukan, dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga tercipta kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau organisasi

Motivating
Fungsi menejemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang dikehendaki oleh atasan tersebut.

Controlling, atau pengawasan
Sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi menejemen yagn berupa mengadakan pernilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang sedang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang sesuai dengan garis tujuan yang sudah ditentukan

Reporting
Adalah suatu fungsi menejemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi baik secar lisan maupun secara tertulis. 

Postingan terkait: