Langkah membuat batu akik

Pulang dari makan siang perhatian saya tertuju pada aktivitas di sebuah trotoar. Suara mesin berdesing begitu keras terdengar. Saya pikir sebuah bengkel namun setelah diamati ternyata didepanya sudah dipajang bongkahan-bongkahan batu. Yang saya baru paham kalau ternyata itu batu akik setelah melihat disampingnya juga dipajang cincin yang sudah siap pakai. Meskipun bukan penggemar batu akik namun saya penasaran dengan bagaimana proses pembuatannya. Maka sayapun bertanya bagaimana cara membuat cincin batu ini. 

Berikut langkahnya :
Pertama, Langkah paling awal adalah menganalisa batu akik.  Seperti apa tipenya, apakah bermotif ataukah tidak. Tentu untuk yang bermotif akan sedikit rumit karena harus mempertimbangkan seperti apa motifnya untuk mendapat corak yang menarik

Kedua, Batu dipotong sesuai dengan apa yang diinginkan, “sekali batu terpotong tidak bisa di ulang lagi. jadi harus benar-benar direncanakan dulu”.

Ketiga Membentuk batu, maksimalkan pembentukan pada langkah ini. tentu agar dilangkah selanjutnya lebih irit gerinda.

KeempatPenghalusan (pengasahan) gunakan gerinda duduk yang di tetesi dengan air. Bisa gunakan botol dan selang infus yang sudah tidak terpakai. 

Kelima Pengasahan kedua, asah batu dengan alat asah manual. Di proses ini batu bisa diamati secara teliti agar tidak ada benjolan atau bentuk yang kurang pas sesuai keinginan.

Keenam, Setelah sedikit berbentuk kemudian batu diamplas dengan amplas dengan beberapa ukuran kekasaran.

Ketujuh, Masih digosok lagi menggunakan amplas yang paling halus. 

Kedelapan, Finishingnya juga masih digosok lagi menggunakan amplas yang paling halus. Atau dengan kulit juga kain.

Kesembilan, Terakhir tinggal memberi ring-nya atau yang seing disebut emban.

Kalau kita perhatikan, tahapnya memang banyak gosok-menggosok. Jadi jangan heran kalau kita melihat orang di suatu tempat tanganya tidak bisa diam, Mungkin dia sedang menggosok akiknya. Mungkin lama-lama juga keluar jin,.. hehe... Memang kurang rinci, namanya juga bukan turorial.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Langkah membuat batu akik "

Post a Comment