Kelebihan dan kekurangan Telegram Messenger



Apa itu Telegram ?

Adalah aplikasi messenger lintas Platform yang dapat digunakan oleh penggunannya untuk mengirim pesan secara rahasia (dienkripsi end-to-end) sebagai tambahan keamanan. Dengan aplilasi ini user juga bisa melakukan pengiriman gambar maupun video. Telegram juga sebuah aplikasi yang gratis dan akan tetap gratis tanpa iklan. Banyak sekali kelebihan dari Telegram ini yang membuat banyak pengguna messenger yang lain, meski ada juga kekurangannya. 

Nah beberapa bulan belakangan aplikasi ini tengah marak oleh para kalangan pengguna messenger. Ada beberapa kelebihan dari aplikasi yang lainnya. 
  1. Gratis. Statement dari pihak telegram bilang aplikasi ini akan terus gratis tanpa adanya iklan yang mengganggu. 
  2. Kirim pesan lebih cepat. Ini dikarenakan telegram berbasis cloud
  3. Ringan. Ukuran grafis aplikasi ini sangat kecil sehingga dapat dijalankan dengan ringan .
  4. Dapat diakses dari berbagai perangkat secara bersama-sama. Berbeda dengan whatsapp yang ketika menggunakan fitur web dari laptop/pc hp tetap harus online,di telegram hp tidak perlu online sehingga lebih irit batre dan data. 
  5. Berbagi file banyak jenis dengan ukuran yang besar. Telegram memperbolehkan kita untuk membagikan foto, video, dokumen(doc, pdf, mp3, zip) maksimal per-file bisa mencapai ukuran 1,5 GB. Di whatsapp kita hanya bisa mengirim foto dan video dengan batasan per-file 16 MB
  6. Grup mencapai 100 orang untuk standart dan upgrade ke supergoups bisa mencapai 1000 orang. 
  7. Ada fitur channel pada telegram. Broadcasting dilakukan dengan menggunakan channel dan dapat menampung anggota hingga tak terbatas. 
  8. Stickers pada telegram gratis dan cepat terkirim dengan menggunakan format webP. Dan juga pengguna dapat membuat sticker dengan mudah.
  9. Fitur Bot. Adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence – kecerdasan buatan). Bot ini dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.
  10. Keamanan yang Baik. Telegram lebih aman dibandingkan dengan Whatsapp. Telegram memiliki fitur secret chat yang jauh lebih aman. 


Fitur tambahan

  • Telegram membuat group chat lebih hidup dengan fitur Replies, Mentions, Hashtags, Forwards.
  • Reply untuk membalas chat tertentu dari seseorang dengan ikut menyertakan chat tersebut dalam balasan.
  • Salah satu kegunaan mention (dengan format @username) pada chat groupadalah apabila ada hal yang penting untuk diketahui orang yang di-mention, maka orang tersebut akan mendapatkan notification (pemberitahuan) walaupun orang tersebut mematikan notification (mute) dari group yang bersangkutan.
  • Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia internet tentu sudah mengenal hashtag.Hashtag membuat chat pada group lebih terstruktur. Kata yang dimulai dengan #apabila diklik atau di-tap akan menghasilkan daftar hasil pencarian sesuai dengan kata tersebut.
  • Kita dapat memberikan komentar pada bagian bawah dari chat yang akan di-forward.

Kekurangan Telegram adalah belum adanya fitur voice call. Namun kata pihat pengembang fitur itu akan mungkin akan ada beberapa waktu ke depan. 
Semoga bermanfaat.... selamat mencoba ...!

Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk " Kelebihan dan kekurangan Telegram Messenger "

  1. bagaimana kita mengetahui bahwa pesan kita sudah diterima atau dibaca ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tanda checklist di samping kanan pesan kita, kalau satu checklist berarti pesan sudah sampai ke server. dan jika sudah jadi dua checklist pesan sudah di baca

      Delete
  2. Saya sudah download, cuma gak ada bahasa Indonesia nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, meski sudah selangkah lebih maju (ada pengaturan bahasa) tapi emang sayang kita ga kebagian hehe...

      Delete
    2. Namun telegram sedang mengembangkan bahasa lainnya dan bahasa indonesia pun termasuk jadi nantinya telegram akan menambahkan bahasa Indonesia ^_^

      Delete
  3. Apakah bisa, saat membaca chat seseorang, solah" chat tersebut blom terbaca, atau saat saya baca schat seseorang checklist nya seolah" blom terbaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudanya seperti di whatsappp ya, kalo sementara ini baru "last seen" aja yang bisa di sembunyiin.

      Delete
    2. Oh jadi belum bisa ya, ok trimakasih infonya

      Delete
  4. Kalau ga dihidupkan/lsg masuk k telgramnya kq ga ada notofikasi pesan masuk atau yg lain ya...hrus masuk k telegramnya dl pesan baru pada masuk..jd kurang ptaktis ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cuma settingnya aja itu...

      Delete
  5. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Telegram Messenger in its state-of-the-art updates have brought a new function of custom sticker sets. In its blog put up Telegram mentioned that now artists can post their custom sticker sets via the Telegram @stickers bot. every sticky label set will gets a everlasting link, so that customers can without problems upload new stickers and proportion them with their pals.

    ReplyDelete
  7. File tidak bisa di buka. Ada masalah dengan paket. Kenapa ya

    ReplyDelete
  8. File tidak bisa di buka. Ada masalah dengan paket. Kenapa ya

    ReplyDelete
  9. notifikasi tidak muncul. baru ketika kita masuk aplikasi telegram baru ada notifikasi pesan masuk. apanya ya?

    ReplyDelete