Dapodik yang bikin pusing !! - Mengatasi Apache yang tidak bisa berjalan !

Beberapa hari yang lalu teman saya kebingungan karena Apache di XAMPP tidak bisa berjalan. Pada awalnya bingung kenapa apache-nya tidak bisa berjalan. Setelah dicek sana-sini ternyata ada satu program yang juga berbasis web server yaitu dapodik. 

jadi dapodik ini adalah Sistem Pengolahan Data Pendidikan dan Kebudayaan yang terintergrasi untuk menunjang Tata Kelola Data dan Informasi Terpadu. Artinya ini server buat dipake bareng-bareng antara PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Satuan Pendidikan, Peserta didik, dan substansi pendidikan,... kalau mau lengkap dateng aja ke dapodik.data.kemdikbud.go.id hehe.. 

Jadi program dapodik ini juga menggunakan port yang sama dengan yang digunakan oleh XAMPP yaitu port 80 dan hal itu yang membuat apache di xampp tidak bisa berjalan. Sempet juga mau buang program ga jelas ini tapi karena sang emapunya sayang banget sama program ini maka terpaksa harus pake cara lain.  

Setelah kebingungan akhirnya ketemu juga solusinya ! kita hanya perlu mengganti port di xampp dengan port yang berbeda. 

1. Di aplikasi xamplite - apache klik pada config. kemudian klik Apache (httpd.conf)  bisa juga di C:\xampp\apache\conf\   




2. Carilah "Listen 80" ganti angkanya terserah dengan yang diinginkan, kalau saya pakai 90



3. Masih di file yang sama dengan atas, cari “ServerName localhost:80” ganti angka 80, saya menggantinya dengan angka 90 setelah itu simpan dan tutup file


4. Masih di Apache Config klik (pilih) "httpd-ssl.conf"


5. Carilah Listen 443 kemudian ganti angka tersebut, saya mengganti dengan 449



6. Masih di file yang sama carilah <VirtualHost _default_:443> ganti juga dengan 449 


7. Setelah itu cari “ServerName localhost:443” kalau ditempat saya adalah "ServerName 
www.example.com:443' letaknya hanya sedikit dibawah  <VirtualHost _default_:443> ganti angkanya dengan 449  setelah itu simpan dan tutup file.

 


9. Sampai di sini kita tinggal cek di browser. untuk membukanya tambahkan :90 (angka sesuai port yang kita buat di langkah ke-2)  : localhost:90/wordpress/wp-admin  




Seperti itulah pengalaman saya mengatasi Apache Xampp yang tidak bisa berjalan, semoga teman-teman tidak mengalami hal yang sama :)

Dongkrak trafick klik langsung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Dapodik yang bikin pusing !! - Mengatasi Apache yang tidak bisa berjalan ! "

Post a Comment