Cara setting custom domain untuk wordpress.com


Custom domain biasanya dilakukaan agar web kita terlihat lebih profesional. ini bisa dilakukan dengan jika kita sudah punya sebuah blog di blogger.com atau wordpress.com. Nah, untuk kali ini akan kita akan belajar cara custom domain di wordpress.

Perlu diketahui bahwa penggunaan custom domain sebagai alamat blog di WordPress.com berbeda dengan Blogger/blogspot yang menawarkan fitur gratis/free. Untuk Custom domain di wordpress.com membutuhkan biaya 10 $ /tahun. Jika Anda sudah memiliki namadomain yang sudah terdaftar. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kredit sebesar 10 $ tersebut bisa menggunakan account paypal atau kreditcard lain yang anda miliki dan mengirimkannya ke account WordPress.com Anda.Langkah-langkah custom domain :

Langkah 1

Anda perlu melakukan managed DNS nameservers pada domain Anda untuk mengarahkan ke WordPress. Login pada halaman domain manager Anda dan mengganti dengan DNS name WordPress.com yang sudah ditentukan, yaitu ns1.wordpress.com , ns2.wordpress.com , dan ns3.wordpress.com

Langkah 2

Login ke halaman Dashboard pada account blog anda di WordPress.com, jika belum memiliki account bisa membuatnya di sini. Pilih menu Upgrades > Domains keudian masukkan nama domain yang akan dijadikan nama url domain Anda dan klik tombol ‘Add domain to blog’.

Langkah 3
Pada browser tersebut akan menampilkan halaman untuk membeli 10 kredit jika Anda belum mempunyai minimal 10 kredit yang diperlukan pada account Anda. Dengan mengklik tombol Buy 9.97 Credits, Kemudian akan masuk ke halaman dimana Anda harus melakukan pembelian kredit melalui paypal atau credit card lain.

Ketika proses pembelian kredit selesai selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi untuk menggunakan kredit sebagai pembayaran untuk penggunaan nama domain Anda. Yang perlu dilakukan di sini adalah mengklik tombol ‘Buy’

Langkah 4
Pada halaman berikutnya , agar nama domain tersebut dapat digunakan yang perlu dilakukan hanyalah klik link ‘Put blog here ‘ artinya akses ke alamat (account wordpress) akan redirect ke domain baru.

Untuk fitur lain adalah penambahan untuk setting google apps. Anda hanya perlu mengaktifkan dengan cara klik link enable Google MX. Kemudian setting untuk penambahan CNAME record yang diberikan saat verifikasi di Google Apps untuk domain tersebut. Jika sebelumnya sudah di daftarkan pada google apps, yang perlu dilakukan cukup menambahkan cname yang telah dibuat sebelumnya

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk " Cara setting custom domain untuk wordpress.com "