Orientasi

Orientasi adalah sebuah program yang dirancang untuk membantu pegawai baru untuk mengenal pekerjaannya dan juga perusahaan tempatnya bekerja. Bisa juga diartikan sebagai sutu proses untuk memberikan pemahanan kepada pesertanya. Yaitu tentang kedudukan dan peranan mereka kepada perusahaan dan juga hubungannya dengan karyawan yang lainnya.

Orientasi Bertujuan Membantu Para Karyawan Baru Menyesuaikan Diri Dengan Memperkenalkan Mereka Pada:

  1. Mempelajari prosedur pekerjaan
  2. Penjalinan hubungan dengan perusahaan
  3. Memberikan karyawan perasaan memiliki dengan memperlihatkan bagaimana pekerjaan mereka sejalan dengan keseluruhan organisasi
  4. Mengurangi jumlah stres dan kegelisahan yang dialami oleh karyawan baru
  5. Mengurangi biaya start-up

Format Dan Kegunaan Dasar Orientasi
Setiap perusahaan mempunyai keunikan tersendiri dalam formatnya. Beberapa kegunaan dasanya dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Situasi Kerja. karyawan baru memerlukan pengetahuan tentagn bagaimana jabatannya diselaraskan ke dalam struktur organisasi
  • Kebijakan Dan Aturan Perusahaan. Karyawan harus memahami kebijakan dan aturan yang ada dalam perusahaan terkait dengan jabatannya masing-masing
  • Kompensasi. karyawan punya minat khusus untuk memperoleh informasi mengenai prosedur imbalan dan bonus
  • Budaya Perusahaan. Budaya perusahaan akan menjadi panduan bagaimana karyawan berperilaku, mulai dari cara berpakaian sampai pada cara mengungkapkan pendapatnya.
  • Keanggotaan Tim. Kemampuan dan kemauan seorang karyawan baru untuk berkontribusi dalam tim perlu diperkuat
  • Pengembangan Karyawan.  Karyawan perlu diberi motivasi untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya 
  • Sosialisasi. Ini adalah cara untuk membantu karyawan dalam beradaptasi dengan perusahaan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Orientasi "

Post a Comment