Tingkatan Manager

Tingkatan Manajer – Terkadang kita bingung ketika di tempat kerja atau kantor. Masing-masing manajer sebenarnya punya fungsi yang sama ! maksudnya, dalam sudut pandang proses; perencanaanm pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan. Akan tetapi jika dilihat dari kegiatannya terdapat perbedaan. Sesuai dengan tingkat manajer tersebut dalam sebuah perusahaan. 

Singkatnya, tugas manajer itu sama hanya corak kegiatannya saja yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing-masing. Lihat gambar di bawah :



Dari gambar di atas terlihat bahwa ada tingkat manajer :

  1. Top manager atau manajer tertinggi, disebut juga pucuk pimpinan. Masuk dalam golongan ini adalah anggota dari dewan direksi dan presiden perusahaan. 
  2. b. Middle Manager (Manajer Menengah). Termasuk ke dalam ini adalah kepala-kepala bagian. Kepala divisi dan kepala-kepala seksi.
  3. Supervisory Manager atau First line Manager Tingkat Pertama. Masuk ke dalamnya adalah golongan kepala mandor dan mandor.

Berdasar dengan perbedaan tingkatan itu, corak kegiatan manajer dapat dibedakan atas empat macam yaitu:

  1. Board Manager bertugas dalam memimpin organisasi atau perusahaan secara keseluruhan (managing the organization/business).
  2. Presiden memimpin para manajer agar terdapat team work (managing manager).
  3. Superintetndent, General Foreman dan Foreman memimipin para pekerja agar melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi (perusahaan) (managing Workers).

Seperti itulah tingkatan manajer itu. selamat belajar. dirangkum dari berbagai sumber)

Postingan terkait: